Jokowi Telah Menyiapkan Obat Ampuh untuk Mengobati Virus Corona

Jokowi Telah Menyiapkan Obat Ampuh untuk Mengobati Corona

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto, melaporkan jumlah pasien positif corona yang meninggal dunia bertambah sebanyak tujuh orang.

Dengan demikian, kata Yurianto, sampai Jumat (20/3/2020) total pasien positif corona yang meninggal dunia menjadi 32 orang.

“Ada penambahan kasus yang meninggal sebanyak 7 orang. Sehingga total kasus yang meninggal menjadi 32 orang,” kata Yurianto dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Selain itu, Yurianto mengatakan, secara garis besar terdapat penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 sebanyak 60 kasus. Artinya, total kasus positif covid-19 di Indonesia melonjak menjadi 369 kasus.

“Secara garis besar ada penambahan kasus baru dari tanggal 19 maret sampai dengan 20 maret. Ada 60 kasus baru sehingga total 369,” tutur Yuri.

Lebih lanjut, kata dia, ada pula penambahan kasus pasien corona yang telah dinyatakan sembuh sebanyak satu orang. Hingga saat ini, maka terdapat 17 kasus pasien yang telah dinyatakan sembuh dari virus Corona.

“Jumlah pasien yang sembuh ada penambahan satu orang sehingga saat ini total ada 17 pasien yang sembuh,” ujar Yuri.

Sebelumnya, pada Kamis (19/3/2020) tercatat ada 25 pasien virus corona yang meninggal dunia. Yurianto menuturkan, dengan catatan pasien meninggal sebanyak 25 orang itu, maka angka kematian di Indonesia mencapai sekitar 8 persen.

Namun, Yuri menuturkan, angka tersebut bersifat dinamis lantaran pasien positif bisa saja bertambah dan diharapkan jumlah pasien yang meninggal dapat segera ditekan.

Hingga hari ini, tercatat sudah 19 hari pemerintah melakukan update data secara harian penularan Covid-19 di Indonesia.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah sudah menyiapkan obat yang diyakini ampuh yang bisa menyembuhkan pasien Covid-19.

“Pemerintah juga telah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara untuk bisa mengobati Covid-19 ini sesuai resep dokter,” kata Presiden Jokowi.

Ada dua jenis obat yang disiapkan. Pertama, Avigan. Kedua, Klorokuin. Obat Avigan telah didatangkan sebanyak 500.000 butir. Pemerintah juga tengah memesan 2 juta butir obat tersebut. Sementara, obat Klorokuin, sudah disiapkan sebanyak 3 juta butir.

“Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara dan memberikan kesembuhan,” kata Presiden Jokowi.

Indonesia Corona Update 20Mar2020

Bagikan ke media sosial :