Polisi Ungkap Rahasia Ferdian Paleka agar Bisa Lolos dari Penjagaan PSBB antar Kota

Polisi Ungkap Rahasia Ferdian Paleka agar Bisa Lolos dari Penjagaan PSBB antar Kota

Youtuber Ferdian Paleka belakangan menjadi perbincangan netizen setelah aksi prank bagi-bagi sembako berisikan sampah viral di media sosial. Ia pun menjadi buronan polisi hingga akhirnya tertangkap di Jalan Tol Jakarta-Merak setelah melalui aksi kejar-kejaran yang sengit.

Menariknya, Ferdian bisa sedemikian bebasnya melarikan diri ke luar daerah, padahal kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat sedang ketat-ketatnya memberlakukan PSBB. Lantas bagaimana cara pria yang berusia 21 tahun itu mengelabui para petugas yang berjaga?

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Saptono Erlangga, Ferdian Paleka memanfaatkan saat kosong lantaran petugas yang berjaga sedang melakukan santap sahur. Namun ada juga kemungkinan lain yang menyebut dirinya bisa lolos karena waktunya pas dengan pergantian shift petugas.

“Jadi tersangka memanfaatkan kelengahan petugas saat berbuka atau saat anggota sedang sahur. Tetapi bisa juga saat petugas ganti shift sehingga tersangka bisa menembus pemeriksaan,” ujar Erlangga kepada awak media.

Sebenarnya, kata Erlangga, kawasan Pelabuhan Merak sudah dalam penjagaan ketat untuk mengantisipasi mudik. Namun, ada waktu jeda di mana petugas tidak memantau situasi sekitar, dan di situlah Ferdian bisa mengambil kesempatan.

“Untuk pos penyekatan sudah tergelar. Namun ada waktu jeda pergantian jaga, di situ kemungkinan dia memanfaatkannya,” terangnya.

Selain itu, Erlangga juga membeberkan rute jalan yang dilalui Ferdian Paleka selama kabur dari Kota Bandung menuju Palembang. Menurutnya, pria itu melalui rute Bogor sebelum kemudian tertangkap di jalan tol menuju Merak.

“Rute pelarian dia itu dari Bandung, tidak hari itu juga langsung ke Palembang. Dia ke Bogor dulu, baru ke Merak dan kemudian ke Palembang,” kata Erlangga.

Baca juga berita terkait sebelumnya:

Karangan Bunga dari Para Srikandi atas Tertangkapnya Youtuber Ferdian Paleka

Bagikan ke media sosial :