Polisi Tembak Pria Bermasker yang Aniaya 2 Wanita di Bandung

Polisi-Tembak-Pria-Bermasker-yang-Aniaya-2-Wanita-di-Bandung

Entah apa yang merasuki Agus Prayitno (28). Pria di Bandung ini nekat menganiaya dan mengambil ponsel milik wanita lanjut usia (lansia).

Agus bersama rekannya Imam Sofyana (29) menganiaya dua wanita lansia Siti Kisnani alias Nani (62) dan Suhartati (78). Aksi penganiayaan beserta pencurian itu dilakukan di kediaman korban di Jalan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Minggu (12/4).

Kejadian bermula saat Agus terlilit utang. Kerjanya yang serabutan membuat Agus meminjam pada aplikasi online. Total ada lima aplikasi pinjaman online yang dia ikuti guna memenuhi kebutuhan.

“Total utang saya di lima aplikasi itu Rp 9 juta. Satu aplikasinya bisa sampai Rp 1 juta lebih,” kata Agus di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (29/4/2020).

Agus terdesak untuk membayar utangnya. Dia pun mencari cara untuk mencari uang guna membayar utang. Pikirannya pun tertuju dengan niat membawa mobil milik Nani.

Agus dan Nani ini saling mengenal. Ia kerap diminta bantuan oleh Nani untuk bekerja serabutan.

Hingga suatu ketika, Agus menyewa mobil milik Nani. Bukan untuk digunakan, mobil tersebut justru dia gadaikan ke orang lain dengan harga Rp 10 juta. “Mobil saya gadaikan untuk bayar utang yang sembilan juta,” tutur Agus.

Agus menyewa mobil Nani mulai tanggal 8 hingga 12 April. Di hari terakhirnya, Agus bukannya mengembalikan mobil. Dia justru datang ke rumah Nani sambil menyamar dan berniat mengambil barang berharga milik Nani.

“Saya rencananya mau ambil emas dan barang berharga lainnya dari rumah ibu (Nani),” kata dia.

Namun, usaha Agus dipergoki oleh Nani dan Suhartati yang ada di rumah tersebut. Agus panik sehingga dia memukul Nani dan Suhartati.

“Iya karena panik saya pukul,” ujar Agus.

Nani yang turut hadir di Mapolrestabes Bandung ikut menceritakan insiden sadis yang dialaminya. Saat kejadian, Nani tak mengetahui pelaku yang memukulnya merupakan Agus kenalannya lantaran memakai masker dan helm.

“Saya enggak tahu itu siapa. Begitu keluar kamar mandi, saya dipukuli ke lantai, dicekik,” kata Nani.

Usai kejadian itu, Agus kabur bersama Imam sambil membawa ponsel korban. Pelarian Agus pun tercium oleh Sat Reskrim Polrestabes Bandung yang dipimpin Kasat Reskrim AKBP Galih Indragiri.

Agus bersama Imam akhirnya ditangkap di kawasan PHH Mustofa pada Selasa (28/4) kemarin. Dalam penangkapan itu, keduanya berusaha melawan dan melarikan diri dari petugas. Sehingga polisi menembak kaki kedua pelaku.

“Setelah dilakukan penyelidikan, tim Sat Reskrim mendapatkan keberadaan pelaku. Saat dilakukan penangkapan, pelaku melawan sehingga kita lakukan tindakan tegas,” pungkas Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya.

Atas perbuatannya, Agus dan Imam kini mendekam di jeruji besi Mapolrestabes Bandung. Keduanya dikenakan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan. Ancaman hukumannya mencapai sembilan tahun bui.

Bagikan ke media sosial :