Petugas Medis Thailand Berhasil Melawan Virus Corona

Petugas Medis Thailand Berhasil Melawan Virus Corona
Pasien virus Corona di Thailand dinyatakan 'bebas penyakit' dalam 48 jam menggunakan obat HIV dan flu.

Dilansir dari Bloomberg, Daily Mail, Thailand telah melaporkan hasil memuaskan dari dua obat antivirus untuk mengobati virus corona jenis baru. Mengutip dari Bloomberg, Minggu (2/2/2020), kondisi pasien membaik secara signifikan dalam waktu 48 jam setelah tim medis memutuskan untuk menggunakan obat antivirus yang awalnya digunakan untuk melawan HIV dan influenza dalam perawatannya.

Kriangsak Attipornwanich, seorang dokter di Rumah Sakit Rajavithi milik negara yang merawat pasien, mengatakan bahwa hasil tes pasien juga berubah dari positif menjadi negatif.

Saat ini Thailand memiliki 19 pasien yang terinfeksi oleh virus corona. Sebanyak 11 orang dirawat di rumah sakit dan sisanya telah sembuh dan kembali ke rumah. Kementerian Kesehatan Thailand mencatat 311 kasus di rumah sakit yang kemungkinan terkait dengan virus corona.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Kesehatan Masyarakat Anutin Chanvirakul menyatakan bahwa negara Thailand akan mengevakuasi lebih dari 100 orang dari Wuhan pada 4 Februari setelah mereka melewati pemeriksaan medis di Tiongkok. Mereka kemudian akan melewati proses karantina selama 14 hari setelah kembali ke Thailand.

Sementara itu Indonesia juga telah memulangkan 243 orang WNI dari Hubei, China. Sebanyak 5 orang di antaranya adalah tim dari KBRI Beijing.

Seperti diketahui, evakuasi WNI tersebut dilakukan setelah Presiden Joko Widodo mengeluarkan instruksi pada hari Kamis (30/1/2020). Setelahnya tim advance berangkat ke China pada Sabtu (1/2/2020).

Adapun jumlah pasien virus corona di dunia terus meningkat. Per hari ini, Senin (3/2/2020) pukul 08.00 WIB, 17.387 orang terkonfirmasi positif virus corona. Korban meninggal dunia akibat virus juga naik menjadi 362 orang. Namun jumlah orang yang berhasil sembuh dari virus ini juga meningkat menjadi 486 jiwa.

Filipina menjadi negara pertama diluar China dengan korban meninggal dunia. Sebelumnya korban jiwa yang meninggal akibat wabah virus corona hanya berada di China.

Baca juga berita terkait sebelumnya:

Kasus Kematian di Luar China Akibat Virus Corona Pertama Terjadi di Filipina

Bagikan ke media sosial :