Inilah Alat Kesehatan yang Diangkut Pesawat TNI dari China

Inilah Alat Kesehatan yang Diangkut Pesawat TNI dari China

Pesawat TNI C-130 Hercules yang mengangkut alat-alat kesehatan dari Shanghai, China, pada hari Minggu 22 Maret 2020 malam telah tiba di Lanud Raden Sadjad, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Berdasarkan rencana, pesawat tersebut hanya transit di sana. Pesawat akan kembali terbang menuju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dan tiba pagi ini sekira pukul 09.30 WIB, Senin 23 Maret 2020.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanggulangan Covid-19, Ahmad Yurianto, mengatakan obat dan alkes untuk penanganan virus corona itu sedang diarahkan untuk mengurangi risiko di masyarakat serta memenuhi kebutuhan di rumah sakit.

“Ini yang menjadi acuan kita, dan tidak berapa lama lagi kita juga akan mendatangkan jumlah yang lebih besar,” ujarnya di Kantor BNPB, Jakarta, Minggu 22 Maret.

Mengutip keterangan dari Puspen TNI, Senin (23/3/2020), alat-alat kesehatan yang dibawa pesawat Hercules dari China berupa disposable masks (masker sekali pakai), n95 masks (masker n95), protective clothing (pakaian pelindung), goggles (kacamata), gloves (sarung tangan), shoe covers (penutup sepatu), infrared thermometer (thermometer inframerah), dan surgical caps (topi bedah).

Misi kemanusiaan Pesawat C-130 Hercules ini dipimpin Letkol Pnb Suryo bersama kru yang berjumlah 18 orang. Dalam bertugas, mereka menerapkan prosedur keselamatan dengan memakai alat pelindung diri (APD) sehingga mengurangi resiko tertular virus corona (Covid-19).

Keberangkatan pesawat tersebut sesuai dengan arahan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan terkait penanggulangan virus corona di Indonesia.

Bantuan peralatan kesehatan ini merupakan hasil kerja sama government to government (G to G) antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat China.

Bagikan ke media sosial :