12 Kali Swab Test Positif Pria Brebes Pegang Rekor Karantina Paling Lama

12 Kali Swab Tes Positif Pria Brebes Pegang Rekor Karantina Paling Lama

Seorang warga Brebes, Jawa Tengah berinisial R menjadi pasien virus Corona atau COVID-19 dengan masa karantina terlama setelah masuk rumah sakit pada tanggal 21 April lalu dan 12 kali hasil swab tes dinyatakan positif. R merupakan alumni dari acara ijtima ulama dunia 2020 di Gowa, Sulawesi Selatan.

Kadiskes Brebes, dr. Sartono dalam tayangan Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne menyampaikan jika saat ini R telah dinyatakan negatif setelah hasil swab test ke 13 dan 14 dinyatakan negatif.

“Alhamdulillah kemarin siang hasilnya yang ke 14 negatif. 13 dan 14 negatif persyaratan itukan harus dua kali,” ujar Sartono dikutip, Kamis, 25 Juni 2020.

Sartono menyampaikan tidak ada perlakuan khusus untuk R, meskipun kondisi fisiknya bagus tetapi R justru lebih lama karantina dibandingkan teman-temannya yang terinfeksi COVID-19. R telah dirawat tepatnya 64 hari menjadikannya pasien dengan rekor dikarantina terlama.

“Dari 21 masuk itu perlakuannya sama, kondisi fisik R ini jauh lebih baik dari pada teman-temannya kondisi fisik agak lebih lemah justru cepat pulih dia yang paling lama,” ucapnya.

R saat ini sudah pulang kembali ke rumah, namun Sartono menyampaikan meski telah ditetapkan negatif R harus tetap melaksanakan protokol kesehatan agar kembali terhindar dari COVID-19.

“Jadi R ini secara lab itu sehat dengan swab dua kali ini negatif. Justru R ini yang diketahui sehat tapi sekelilingnya ini malah yang belum di swab ya. Perlakuan ya protokol kesehatan,” kata dia.

Bagikan ke media sosial :